Doha, - Pertumbuhan pengguna media sosial dan smartphone atau telepon pintar yang tinggi di Indonesia, membuat bisnis startup ikut berkembang pesat.

APA ITU STARUP DAN PENGERTIANNYA TENTANG BISNIS STARUP SILAKAN SIMAK ARTIKEL DI STARUP INDONESIA


Pertumbuhan pengguna media sosial Facebook dan Twitter misalnya, juga media komunikasi seperti Whatsapp, Line, dan Kakao Talk, menurut Group Chief Officer New Business Ooredoo Nick Dent, membuat bisnis startup di Tanah Air ikut tumbuh. Apalagi, hal ini juga didukung oleh pertumbuhan penjualan smartphone atau telepon pintar.

"Indonesia termasuk negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia. Indonesia juga menjadi pengguna BlackBerry terbesar di dunia. Ini membantu bisnis startup bisa tumbuh dengan pesat," kata Dent di kantor Ooredo Group di Doha, Qatar, Rabu, 28 Oktober 2015. "Indonesia menjadi pasar yang menarik dan sangat potensial."

Menurut Dent, saat ini pemilik smartphone di Indonesia mungkin baru sekitar 25 persen. Tapi bukan tidak mungkin dalam 10 tahun ke depan, semua orang nanti sudah menggunakan telepon pintar.

Dengan perkembangan teknologi masa kini, Dent menjelaskan, membuat cara orang berkomunikasi juga ikut berubah. Sekarang, orang bisa berbisnis dan melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan menggesek kartu kredit pun sekarang bisa dilakukan melalui telepon cerdas itu.

Perusahaan telekomunikasi sekarang ikut masuk ke ranah bisnis startup misalnya, karena sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan revenue dari layanan suara (voice) dan layanan pesan pendek (SMS) saja. Perusahaan telekomunikasi sekarang ikut menyediakan aplikasi untuk berbagai bidang usaha agar bisa memperoleh pendapatan dari berbagai sektor itu. Di bisnis startup misalnya, Dent menjelaskan, Ooredoo menyediakan berbagai aplikasi untuk mendukung bisnis tersebut. Ooredoo telah bermitra dengan sekitar 400 perusahaan startup di seluruh dunia.

Di Indonesia, Ooredoo Group melalui PT Indosat Tbk., menurut Group Head Corporate Communication Indosat Deva Rachman, telah melakukan kerja sama dengan pelaku usaha startup lokal.

Ooredo merupakan perusahaan komunikasi bergerak (mobile), tetap (fixed), Internet broadband internasional, dan layanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yang sudah masuk ke negara-negara Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara.

Tahun lalu, Ooredoo meraih revenue senilai US$ 9,1 miliar dan per 30 Juni 2015, total jumlah pelanggan mencapai 114 juta orang.

Pada 2009, Qatar Telecom menambah kepemilikan sahamnya di Indosat dengan mengakuisisi 24,19 persen saham publik seri B, sehingga membuat Qtel (sekarang berganti nama menjadi Ooredoo yang berarti "Aku Ingin") menguasai 65 persen saham Indosat. Dengan kepemilikan itu, maka berarti mayoritas saham Indosat dikuasai Qtel melalui Ooredoo Asia Pte Ltd. (65 persen), Pemerintah Indonesia (14,29 persen), dan publik (20,71 persen). Revenue Indosat pada semester I 2015 mencapai Rp 12,6 triliun.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: