Batu - Wahyudi adalah seorang pekebun yang tak tahu tanaman apa saja yang tumbuh di kebunnya. Di halaman rumahnya yang hanya 400 meter persegi, Wahyudi menumbuhkan 60 jenis tanaman, tapi yang dikenalinya hanya tarragon, thyme, dan oregano.

Meski asing, sarjana pendidikan agama Islam ini tak ambil pusing. Tiap pekan ia menerima bibit baru, menumbuhkannya sampai keluar akar, lalu menyerahkannya kembali kepada sang pemilik. Sebagai imbalan, tiap bulan ia menerima sekitar Rp 2-5 juta. "Semuanya diberi Pak Steve dari Kebunbibit," ujarnya saat ditemui di rumahnya di Dusun Tonggolari, Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

 APA ITU STARUP DAN PENGERTIANNYA TENTANG BISNIS STARUP SILAKAN SIMAK ARTIKEL DI STARUP INDONESIA

Kebunbibit.id adalah sebuah startup toko online yang khusus menjual bibit tanaman. Sang pemilik, Steve Stanley Budi Mulyono, punya 60 pekebun sebagai mitra. Seperti Wahyudi, lebih separuh dari mereka adalah tetangga sekampung Steve sendiri. "Saya senang bisa turut menggerakkan ekonomi warga sekitar," ujar Steve saat dihubungi, Ahad, 15 November 2015.


Steve baru merintis Kebunbibit pada 2012. Saat itu, setelah enam kali gagal berwirausaha, Steve mencoba menjual tanaman hasil kebunnya sendiri lewat layanan pesan BlackBerry, Facebook, dan Kaskus.

Jika dulu yang dijual hanya tanaman yang ditumbuhkannya sendiri, kini sudah ada lebih dari 5.000 jenis tanaman yang dijualnya lewat dunia maya. Selain melalui laman mandiri: Kebunbibit.id, Steve juga menitipkan dagangannya di sembilan market place, di antaranya Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan MatahariMall.

Di luar pekebun yang menjadi mitra, ada 35 karyawan yang membantu Steve mengirim 200 paket setiap hari. Menurut Steve, 20 persen pesanan tanamannya berasal dari Jakarta, 13 persen dari Surabaya, dan yang lain merata ke seluruh Indonesia. Dengan harga satuan Rp 5.000 hingga Rp 3 juta, omzetnya tiap bulan mencapai lebih dari Rp 400 juta.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: