Jakarta - Transaksi jual-beli di internet terus meningkat. Tren itu makin banyak dilirik para pelaku usaha lantaran memberi banyak kemudahan. Namun tak banyak di antara mereka yang bisa meraih sukses besar. Diperlukan trik khusus agar produk yang tawarkan bisa memikat para pembeli.

Chief Executive Officer PT. Saqina Intermoda, Mohamad Rosihan, mengatakan bisnis di media online merupakan opsi yang menguntungkan bagi pegiat usaha kecil dan menengah. "Siapa pun bisa berjualan di media online. Tak perlu izin yang rumit, cukup buka internet," ujarnya, Sabtu, 14 November 2015.

Menurut Rosihan, bisnis online memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Apalagi jika mengingat data pengguna internet di Indonesia yang saat ini diperkirakan menembus angka 88 juta orang. Dalam situasi itu, setiap orang memiliki peluang menjadi penjual sekaligus pembeli. "Teknik beriklannya juga mudah," kata dia.

Para pelaku UKM, kata dia, teknis beriklan yang paling mudah adalah memperkenalkan produk lewat akun media sosial. Jika produk yang dijajakan ingin merambah pasar yang lebih luas, opsi yang perlu dipertimbangkan adalah membuat situs jual-beli. "Tantangannya adalah menciptakan pasar," ujarnya.

Untuk meraih minat pengunjung situs, para pelaku usaha disarankan menjual produk yang tersegmentasi. Akan lebih baik jika produk yang ditawarkan memiliki beragam jenis dan berasal dari banyak pabrikan. "Kalau produknya bagus-bagus, orang pasti akan merasa nyaman," katanya.

Jika bisnis yang mulai berkembang, para pelaku usaha disarankan mengalokasikan anggaran beriklan di situs-situs yang paling banyak digunakan masyarakat. Meski demikian, kata Rosihan, opsi itu bisa diabaikan jika pengusaha mengenal betul segmentasi pembelinya. "Beriklan akan lebih efektif jika kita memiliki data pelanggan," ujarnya.

 APA ITU STARUP DAN PENGERTIANNYA TENTANG BISNIS STARUP SILAKAN SIMAK ARTIKEL DI STARUP INDONESIA

Menurut Rosihan, minat pengunjung situs juga ikut ditentukan kemampuan penjual memperkenalkan produk-produk terbaru. Teknik beriklan pun menuntut banyak inovasi. "Kalau dulu menjual baju cukup menggunakan manekin, sekarang orang lebih tertarik dengan model," kata dia.

Business and Merchant Development Tokopedia, Arrie Baskoro mengatakan, prilaku pebisnis online tak harus mengandalkan situs mereka. Cara lain untuk mengenalkan produk adalah dengan menggandeng situs jual-beli online. "Produk yang terserap umumnya fashion, gadget dan kebutuhan perempuan," kata dia.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: