Jakarta - Tak lulus dari Universitas Surabaya (Ubaya), Steve Stanley Budi Mulyono bertekad untuk menjadi wirausaha. Enam kali ia berusaha membangun usaha, tapi gagal. "Kalau saya kerja ke orang lain, berarti saya cari modal untuk bangun usaha lagi," ujarnya pada Tempo, Ahad, 15 November 2015.

Itu sebelum Steve memulai bisnisnya yang ketujuh pada 2012. Saat itu, Steve mencoba menjual tanaman hasil kebunnya sendiri di Batu, Malang, lewat layanan pesan BlackBerry, Facebook, dan Kaskus. "Sejak awal saya memang niat jual lewat Internet," ujarnya.


Kini Steve tak lagi menggunakan BlackBerry. Ia telah memiliki laman sendiri yang khusus menjual aneka bibit tanaman, namanya Kebunbibit.id. Selain itu, Steve juga menitipkan dagangannya di sembilan market place, di antaranya adalah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan MatahariMall.

APA ITU STARUP DAN PENGERTIANNYA TENTANG BISNIS STARUP SILAKAN SIMAK ARTIKEL DI STARUP INDONESIA

Tak lagi berani menyentuh tanaman di halaman sendiri (yang dirawat sang istri), Steve bermitra dengan 60 pekebun lain. Tiap bulan, Steve memasok aneka benih pada para pekebun ini untuk ditumbuhkan. Sebagian besar bibit tanaman jualan Steve, diimpor dari Thailand atau Inggris. Tiap kali menitipkannya pada pekebun untuk ditumbuhkan, Steve hanya memberi mereka kode dan petunjuk perawatan. "Jenisnya dirahasiakan agar mereka tidak bisa menjualnya ke pihak lain," katanya.

Selain itu, ada 35 karyawan yang membantu Steve mengirim 200 paket setiap hari. Menurut Steve, 20 persen pesanan tanamannya berasal dari Jakarta, 13 persen dari Surabaya, dan yang lain merata ke seluruh Indonesia. Dengan harga satuan antara Rp 5 ribu-3 juta, omzetnya tiap bulan mencapai lebih dari Rp 400 juta.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: